PERISTIWA YANG TAK DIDUGA-DUGA TERJADI DI SEPANJANG SEJARAH ASIAN GAMES
Perayaan Asian Games yang udah digelar tujuh belas kali ini tak luput dari kejadian kontroversial. Banyak kejadian yang tidak diduga-duga terjadi, terutama pada tahun 2006. Berikut catatan kontroversial tersebut:

1. Tragedi di Pacuan Kuda tahun 2006

Tragedi di Pacuan Kuda tahun 2006 www.chinadaily.com

Tahun 2006 bisa dibilang tahun yang menyimpan banyak peristiwa Asian Games yang kontroversial. Salah satunya seorang atlet berkuda dari Korea Selatan Kim Hyung Chil  tewas karena terjatuh dari kuda tunggangannya saat di lintasan lompatan ke delapan. Pada saat itu terjadi hujan lebat, sehingga kuda tunggangannya tergelincir kemudian Kim Hyung Chill terlempar tertimpa kuda tunggangannya.

2. Kasus Doping Binaraga tahun 2006

Kasus Doping Binaraga tahun 2006 https://i.ndtvimg.com

Seorang binaragawan dari Iraq terbukti membawa doping sebanyak 134 ampul nandrolone. Meski demikian, ia tetap diizinkan untuk ikut lomba di kelas 75 kilogram, namun pada akhirnya ia didiskualifikasi oleh panitia

3. Kasus Pemain Andorgen tahun 2006

Kasus Pemain Andorgen tahun 2006 http://wion.azureedge.net

Masih pada tahun yang sama, dalam perlombaan Asian Games seorang perlari medali perak terpaksa ditarik kembali medalinya. Hal tersebut disebabkan oleh hasil sex test-nya membuktikan Soundarajan tidak memiliki karakteristik seksual perempuan. Dengan kata lain, ia mengidap sindrom insensivitas androgen yakni seseorang yang secara genital adalah pria, namun berpenampilan sebagai perempuan. Akibatnya, Soundarajan harus meninggalkan Asian Games dalam keadaan depresi berat

4. Kaus Kaki Bersensor Elektrik tahun 2010

Kaus Kaki Bersensor Elektrik tahun 2010 https://i.ytimg.com

Pertandingan Asian Games cabang taekwondo yang diadakan di Guangzhou ini menemukan adanya kecurangan yang dilakukan oleh seorang atlet bernama Yang Shu Chun asal Taiwan. Ia didiskualifikasi karena terbukti mengenakan kaus kaki bersensor elektrik illegal dan dua sensor ekstra pada masing-masing tumitnya. Hal tersebut mengakibatkan ia dilarang tanding selama tiga bulan, serta sang pelatih diskrosing 20 bulan, dan asosiasi taekwondo Taiwan dikenakan denda sebsar USD 50.000 karena dianggap lalai.

5. Diskriminasi Jilbab asian games tahun 2014

Diskriminasi Jilbab asian games tahun 2014 https://cdns.klimg.com

Dalam gelaran Asian Games di Korea Selatan, para pemain basket putrid asal Qatar mengundurkan diri dari pertandingan karena panitia melarang mereka mengenakan jilbab atau atribut kepala lainnya. Panitia Asian Games saat itu dinilai tidak bersikap konsisten, sebab sejumlah cabang olahraga lainnya diberi toleransi untuk pemain yang mengenakan jilbab seperti dayung, triathlon, dan bulu tangkis.

YOUR REACTION?


You may also like

Facebook Conversations